Published On: Kam, Apr 28th, 2016

BNI Luncurkan e-Samsat

UPDATE

Direktur Utama BNI Achmad Baiquni , mengatakan dengan kemudahan dalam membayar pajak, maka Pemerintah Provinsi Jawa Barat diharapkan akan mendapatkan peningkatan pendapatan daerah Jawa Barat,

Baiquni menegaskan  hal tersebut pada Peluncuran BNI e-Samsat Jabar dilaksanakan di Gedung Sate, Bandung, Kamis (28/4/2016)  yang dihadiri Gubernur Jawa Barat Ahamad Heryawan,  Tim Pembina Samsat meliputi Pemerintah Daerah Jabar, Polda Jabar, dan PT Jasa Raharja.

 

Kini layanan e-Samsat, yang merupakan inovasi pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor, dapat dilakukan melalui‎ ATM BNI di seluruh Indonesia.

Dengan adanya produk BNI e-Samsat Jabar ini, masyarakat akan diberikan kemudahan, kecepatan, dan proses pembayaran yang lebih praktis dan terhindar dari praktik percaloan.

‎Melalui proses register dan identifikasi yang mempergunakan NIK antara database Polda Jabar dan data customer di BNI, struk ATM dari BNI e-Samsat Jabar ini menjadi bukti yang sah pembayaran pajak kendaraan bermotor di Jawa Barat.

Dari data Dispenda Jawa Barat pada tahun 2016 terdapat jumlah kendaraan bermotor di provinsi Jawa Barat kurang lebih mencapai 14,7 juta, hal tersebut menjadi potensi bisnis yang menjanjikan.

Layanan BNI e-Samsat Jabar dapat dimanfaatkan dengan berbagai syarat yang perlu dipenuhi, antara lain wajib pajak adalah pemilik kendaraan yang sesuai dengan data yang ada dalam server Samsat Dispenda Jabar, kendaraan tidak dalam status blokir ranmor/ blokir data kepemilikan, wajib pajak memiliki telepon dan nomor seluler yang aktif, dan mempunyai nomor rekening tabungan dan Kartu ATM BNI beridentitas yang sama dengan data kendaraan dimaksud.

BNI e-Samsat Jabar hanya berlaku untuk pembayaran pajak kendaraan daftar ulang satu tahun dan tidak berlaku pembayaran pajak kendaraan yang bersamaan ganti STNK lima tahun. Syarat lainnya adalah masa berlaku pajak yang bisa dibayar kurang dari enam bulan dari masa jatuh tempo, serta wajib pajak adalah perseorangan, bukan badan usaha, yayasan, badan sosial.

Menurut Gubernur Jawa Barat, e – Samsat yang pertama di Indonesia ini adalah peluang bisnis bagi Bank BNI, juga Bank lain yang telah meluncurkan produk sama yaitu BJB dan BCA.

Sedangkan bagi Pemerintah Jawa Barat , merupakan peningkatan layanan kepada masyarakat agar lebih mudah membayar pajak.

Fasiltas lain yang sudah ada di Jawa Barat yaitu Samsat Online, Samsat Keliling dan Samsat Gendong. Semua fasilitas tersebut merupakan pelayanan Pemerintah pada masyarakat, pungkas Aher.

*** Deetje Dharmaputra

Share This:

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>