Published On: Sen, Apr 11th, 2016

Pariwisata Indonesia Makin Diminati

ind

UPDATE

 

Kilau Pariwisata Indonesia kini mulai dilirik berbagai investor dan salah satunya Investor Timur Tengah berminat menanamkan modal di sektor pariwisata Indonesia. Pilihan investasi jatuh di dua lokasi yaitu Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika di Nusa Tenggara Barat dan Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Lesung.

Franky Sibarani Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mengatakan,  pariwisata merupakan salah satu sektor yang diharapkan bisa mendorong pencapaian target investasi nasional tahun ini sebesar Rp 594,8 triliun. ‎Karena itu, minat investasi calon penanam modal asal Timur Tengah sangat diharapkan terealisasi, ungkapnay di Jakarta, Selasa lalu

Adanya minat investasi dari investor Timur Tengah pada sektor pariwisata menunjukkan  pengembangan potensi pariwisata di Indonesia masih terbuka sangat lebar. Investor Timur Tengah juga memiliki kapasitas untuk melakukan investasi yang ditandai dengan keberadaan satu-satunya aliansi global investor real estate dan perhotelan yang memiliki 78 anggota.

Dengan perkiraan total aset mencapai US$ 80 miliar dengan anggota  para institusional investor, pengusaha perhotelan dan aset manager, antara lain Host Hotels & Resorts serta Blackstone.

Investor  negara-negara Timur Tengah masih berada di papan tengah daftar peringkat negara-negara yang menanamkan modalnya di Indonesia. Apabila merujuk pada data rencana investasi yang dirilis BKPM periode Januari-Desember 2015, Iran menempati peringkat ke-8 dengan nilai rencana investasi Rp 50 triliun, Yordania di peringkat ke-16 dengan nilai investasi Rp 3,3 triliun, Uni Emirat Arab berada di peringkat-19 dengan nilai rencana investasi Rp 2,5 triliun kemudian  Saudi Arabia menempati peringkat ke-22 dengan nilai Rp 1,6 triliun baru diikuti oleh negara-negara Timur Tengah lainnya.

Target Investasi BKPM, selain Singapura, Jepang, Korea Selatan, Amerika serikat juga menjangkau negara-negara Timur Tengah, tutup Franky.

Team UPDATE

Share This:

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>