Published On: Sel, Apr 26th, 2016

Pasanggiri Seni, Tari, Musik Disparbud Jabar

UPDATE

Pasanggiri Seni Tari, Musik dan Teater di wilayah BKPP 1 Bogor  diselenggarakan di Gedung Kesenian Kemuning Gading Kota Bogor.

Kegiatanan ini bisa menarik para wisatawan. Selain melihat obyek wisata di Jawa Barat, wisatawan juga bisa menyaksikan kekayaan seni budayanya, ungkap Nunung Sobari, MM, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jawa Barat.(20/4/2016)

Pada kesempatan tersebut Kab. Sukabumi menampilkan seni musik yang bertajuk Ngadoleg, seni tarinya Ronggeng Oyeg keduanya merupakan kreasi para seniman yang diolah demikian apik. Sementara seni teaternya menampilkan para Bajo yang mengganggu dan selalu menyengsarakan nelayan.

Karena kesengsaraan nelayan di Pelabuhan Ratu akibat tindakan para Bajo ini, Purnamasari sebagai Puun (Kepala Daerah) memberikan perlawanan sehingga semua Bajo dapat dikalahkan sehingga para nelayan hidup tentram kembali.

Sedangkan Kab. Bogor dalam Pasanggiri ini menampilkan seni musik berjudul Layang Salaka Domas azimat yang bertuah untuk kehormatan dan kebahagiaan. Ceritanya mirip Mending Laya. Kebetulan namanya juga Mundinglaya Dikusumah yang mendapat perintah dari Prabu Siliwangi untuk merebut azimat Salaka Domas di Jabaring Langit yang dijaga Guriang Tujuh. Alhasil, perintah diselesaikan dengan lugas dan berhasil membawa azimat itu dan diserahkan kepada Prabu Siliwangi.

Seni tari yang membawa judul Kelompok berhasil memukau penonton yang didominasi oleh para remaja. Dalam cerita ini dia sebutkan Kebudayaan Indonesia banyak dipengaruhi budaya luar khususnya Cina. Pasca meletusnya Gunung Salak yang mulai munculnya pemukiman baru dengan etnis Cina. Bakuak atau kelompok yang berasal dari Cina disimbolkan sebagai kebudayaan Cina yang masuk dan diterima oleh masyarakat pribumi di Bogor.

Dalam seni teater, kab. Bogor menampilkan seni yang bernuansa agama Islam sebagai isyarat bahwa hidup ini diakhiri dengan kematian dan kembali kepada Allah sambil membawa bekal baik atau buruk saat berada di alam dunia. Nasihatnya sebagaimana dalam ayat 65 surat Yasin disebutkan agar saat hidup dalam menghadapi kematian hendaknya lebih banyak beramal ibadah.

Kegiatan pasanggiri ini diselenggerakan Bidang Kesenian Disparbud Jawa Barat, bertujuan untuk lebih meningkatkan lagi kreatifitas seni tari musik dan teater Kabupaten/Kota  di Jawa Barat, tandas Nunung.

*** Deetje

 

Share This:

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>