Published On: Sel, Mei 24th, 2016

Megawati besok dianugrahi Gelar HC Unpad

Update,

unpad

Adis adalah panggilan  kesayangan dari Megawati Soekarnoputri, yang memiliki nama lengkap Dyah Permata Megawati Setiawati.

Adis memulai  pendidikannya, dari SD hingga SMA di Perguruan Cikini, Jakarta. Sementara, ia pernah belajar di dua Universitas, yaitu Fakultas Pertanian, Universitas Padjadjaran, Bandung (1965-1967) dan Fakultas Psikologi Universitas Indonesia (1970-1972).

Putri dari Proklamator Soekarno ini lahir di Jogyakarta 23 Januari 1947 dan pernah memperoleh Gelar Doktor Honoris Causa (DR.HC) masing-masing dari Maritime and Ocean University , Korea Selatan, Universitas Waseda, Tokyo Jepang dan Moscow State Institute of International Relations.

Universitas Padjadjaran (Unpad) akan memberi anugerah gelar Doktor Honoris Causa bidang Politik dan Pemerintahan kepada Megawati Soekarnoputri , Rabu (25/5/2016) bertempat di Graha Sanusi Hardjadinata, ungkap Rektor Unpad Prof.Dr.Tri Hanggono Achmad pada acara prescon di Unpad, Selasa (24/5/2016).

Tri Hanggono ,  mengatakan gelar ini diberikan kepada Presiden kelima RI itu sebagai bentuk pengakuan atas pencapaian Mega yang dinilai mampu membawa stabilitas poliik pada masa transisi demokrasi.

Unpad merupakan Perguruan Tinggi pertama di Indonesia yang memberi anugerah  gelar Doktor HC, karena Megawati telah memiliki gelar HC dari berbagai Perguruan Tinggi dari  mancanegara.

Pemberian gelar kehormatan ini sebagai pengakuan bagaimana dalam masa transisi demokrasi yang penuh tantangan,  Megawati  mampu membawa stabilitas politik, dan mengatasi tantangan perekonomian nasional akibat krisis ekonomi yang berkepanjangan.

Sahabat-sahabat Megawati yang hadir pada Prescon di Unpad yaitu Iwan Abdurahman atau yang akrab dipanggil Abah Iwan menceritakan pengalaman-pengalam lucu pada masa “perpeloncoan” Unpad di Tahun1965.

Abah Iwan pernah mengajari Adis (panggilan akrab Megawati) belajar naik sepeda karena pada saat tersebut seluruh mahasiswa  baru diharuskan ke kampus menggunakan sepeda.

Sedangkan Prof. Dr.Nurpilihan Bafdal sebagai teman sekuliah Megawati mengatakan, Megawati hanya bisa berkuliah di Unpad dari Tahun 1965 – 1967 bukan karena Drop Out (DO) namun karena kondisi politik pada masa tersebut tidak memungkinkan Adis melanjutkan kuliah.

Adis menurut Nurpilih adalah Mahasiswi yang cerdas dan teliti, tulisannya rapih dan bagus serta menyukai lingkungan indah, pungkasnya.

*** Deetje

 

Share This:

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>