Published On: Sel, Jul 19th, 2016

Bandung “Masagi” Jadi Contoh Untuk Daerah Lain

Update, Bandung
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan , Anies Baswedan ,mendaulat Kota Bandung  menjadi tempat diluncurkannya program Pengenalan Lingkungan Sekolah  (PLS) berbasis pendidikan karakter .
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, memilih Bandung karena memiliki  program Bandung Masagi yang diapresiasi khusus oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.
Menurut Anies Baswedan Bandung Masagi  adalah konsep Pengenalan Lingkungan Sekolah dengan menggunakan pendekatan yang sudah dibangun oleh Wali Kota Bandung, urainya di SMA 8 Bandung,Selasa (19/7/2016).
Bandung Masagi adalah program pendidikan karakter berbasis kearifan lokal yang dirumuskan oleh Dinas Pendidikan Kota Bandung. Kata “masagi” sendiri berarti paripurna, kokoh, ajeg di segala sisi kehidupan.
Bandung Masagi mengandung 4 prinsip utama masyarakat Sunda dalam mengamalkan kehidupan, yakni silih asih (kemanusiaan), silih asah (mencerdaskan), silih asuh (mendampingi), dan silih wawangi (mengampaikan hal-hal positif). Keempat prinsip tersebut lantas diejawantahkan ke dalam 4 program utama, yakni cinta agama, jaga budaya, bela negara, dan cinta lingkungan.
Prinsip dan program inilah yang menjadi fondasi bagi pelaksanaan PLS di seluruh sekolah di Kota Bandung sehingga tidak ada lagi tindak perpeloncoan atau aktivitas yang tidak mendidik dilaksanakan di awal kegiatan belajar mengajar.
Anies mengatakan akan menjadikan Bandung Masagi ini sebagai contoh penerapan pendidikan karakter yang baik.  program ini dapat diduplikasi di banyak tempat oleh kepala daerah lainnya.
*** Deetje/bgi

Share This:

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>