Published On: Sab, Sep 3rd, 2016

Indramayu Segera Punya Gedung Kesenian Diatas Air

ida hernida

Update, Jawa Barat

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat Ida Hernida  mengapresiasi apa yang dilakukan oleh Pemkab Indramayu dengan merevitalisasi Sungai Cimanuk.

Di Bantaran Cimanuk akan berdiri megah gedung kesenian yang khusus dipertunjukan untuk kesenian, sehingga Disparbud Jawa Barat merasa perlu memberikan bantuan berupa panggung hidrolik yang nantinya dapat digunakan untuk pertunjukan di luar ruang juga diatas air, kata Ida pada Kegiatan Sapta Pesona di Bantaran Cimanuk Indramayu, Rabu (24/8/2016).

Kegiatan Sapta Pesona diikuti sekitar 500 peserta yang terdiri dari PNS, masyarakat, pelajar, ormas, kompepar, pedagang dan unsur lainnya diharapkan bisa ikut menjaga kebersihan dan keindahan di berbagai objek wisata yang ada di Indramayu.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Indramayu  Anna Sophanah , mengatakan  Sapta Pesona merupakan penjabaran dan langkah nyata dari Sadar Wisata yang terkait dukungan dan peran serta masyarakat sebagai tuan rumah di destinasi pariwisata.

Terdapat tujuh unsur Sapta Pesona yang harus dikembangkan dan jadi pegangan ditengah masyarakat yakni aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah, dan kenangan.

Ketujuh unsur ini harus benar-benar dipahami oleh berbagai masyarakat teruatama masyarakat yang berada di lokasi wisata sehingga banyak keuntungan yang bisa didaptkan dengan gerakan ini. Namun yang lebih utama adalah masyarakat bisa menjadi pelaku ekonomi dilokasi objek wisata tersebut.

Potensi wisata di Kabupaten Indramayu saat ini masih didominasi oleh wisata pantai. Namun demikian beberapa objek wisata tersebut secera terus menerus dilakukan pembenahan secara bertahap agar kejayaan wisata pantai bisa kembali muncul seperti tahun-tahun sebelumnya.

Saat ini ditengah kota Indramayu tengah dikembangkan wisata buatan dengan memanfaatkan Sungai Cimanuk sebagai objeknya. Bahkan dampaknya sudah dirasakan oleh masyarakat Indramayu dan juga luar Indramayu.

Penataan Sungai Cimanuk ini bisa tersambung dari Waduk Bojongsari hingga ke Hutan Mangrove di Karangsong. menggunakan sumber dari APBD Kabupaten,

Diharapkan Cimanuk ini bisa menjadi “Ikon” Indramayu menjadi destinasi wisata seperti sungai yang ada di Venezia, Amsterdam, ataupun Prancis, pungkas Bupati.

*** Deetje

 

 

Share This:

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>