Published On: Sel, Okt 4th, 2016

Kuda DKI Tetap Unggul meski dicurangi

Update, Bandung

Alex Asmasoebrata, Manajer Cabang Olah raga Berkuda Provinsi DKI Jakarta , mengatakan pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX 2016 di Jawa Barat banyak kejanggalan dan tidak sesuai dengan aturan olahraga.

Alex mengatakan hal tersebut  saat acara Syukuran Tim Berkuda DKI Jakarta menjadi Juara Umum PON XIX, Jumat, (30/9/2016), di Cafe BMC jalan Aceh Bandung.

“Sebanyak 22 Kaukus KONI se-Indonesia memprotes keras pelaksanaan PON XIX di Jawa Barat,” kata Alex

“Kaukus KONI se-Indonesia yang memprotes yaitu, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Sumatera Utara, Aceh, Lampung, Bangka-Belitung, Sumatera Barat, Riau, Sumatera Selatan, Sulawesi Tenggara, Papua Barat, Sulawesi Utara, Jambi, Kalimantan Utara, Sulawesi Selatan, Bengkulu, Kepulauan Riau, Kalimantan Barat, Nusa Tenggara Barat, dan Maluku Utara,” .

Kaukus KONI se-Indonesia memprotes pelaksanaan PON XIX di Jawa Barat karena banyaknya ketidak terbukaan dalam pelaksanaan pertandingan, “PON XIX dari awal sampai akhir banyak sekali kejanggalan,” tegasnya.

“Dengan banyaknya kejanggalan di PON XIX, kami akan melakukan gugatan secara perdata kepada pihak berwenang,” ujarnya.

Mengenai fasilitas Wildcard yang diberikan pada tim Jawa Barat pada cabang berkuda, Alex menegaskan pihaknya akan mengajukan gugatan perdata secepat mungkin, “Bukti-bukti yang kami miliki sudah lebih dari cukup, pihak yang akan kami gugat yaitu Pordasi Pusat, PB PON, dan KONI Pusat,” pungkasnya.

Berikut Kesimpulan Kaukus KONI Provinsi seluruh Indonesia terkait pelaksanaan PON XIX di Jawa Barat:

– Saat Pra Pertandingan para Atlet tidak bisa mengakses Venue pertandingan, sedangkan tuan rumah Jawa Barat bisa.

– Di berbagai cabang olahraga wasit / juri tidak independen.

– Pengerahan suporter tuan rumah melibatkan aparat negara.

Berikut Rekomendasi Kaukus KONI Provinsi seluruh Indonesia terkait pelaksanaan PON XIX di Jawa Barat:

– Pelaksanaan PON mendatang lebih terencana dan sistematis.

– 2 tahun sebelum penyelenggaraan PON, semua regulasi (Juklak, Juknis, Technical Hand Book) telah dituntaskan melalui pembahasan dan persetujuan oleh KONI Provinsi seluruh Indonesia.

– Dalam tata cara rekruitmen wasit dan juri harus memiliki lisensi Up to Date dan harus independen serta ditetapkan bersama oleh KONI Provinsi seluruh Indonesia.

Namun walaupun dicurangi Tim Berkuda DKI tetap unggul dan mengalahkan Jawa Barat, pungkas Alex sambil menuturkan perolehan Medalinya , yaitu :

DKI   : 5 4 3

Jabar: 3 5 5

Jatim: 2 2 0

Jateng 1 4 3

Banten 1 1 0

Papua   1 0 1

DIY       1 0 0

Kalsel    0 0 2

Riau      0 0 0

Sumbar 0 0 0

 

*** Deetje

Share This:

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>