Published On: Jum, Okt 14th, 2016

Pembukaan Pepernas 2016 menampilkan kolaborasi khusus

Bandung, Update

Pembukaan Pepernas (Pekan Paralimpik Nasional) 2016  akan menampilkan sesuatu yang tidak ada di PON 2016 yaitu kolaborasi antara saudara-saudara kita yang diberikan kelengkapan tubuh serta yang tidak,ungkap Dedi Mizwar Wakil Gubernur Jawa Barat disela-sela Gladi Bersih yang berlangsung di Stadion Siliwangi Bandung, Jumat (14/10/2016).

Pembukaan Pepernas akan berlangsung selama 90 menit, diharapkan udara cerah tanpa hujan, “jangan panggil pawang ular”, ntar ular nya ngga ada, hujannya datang,  canda Demiz di Stadion Siliwangi.

Demiz berharap masyarakat Jawa Barat berdoa, agar hujan tidak turun saat Pembukaan Pepernas yang akan berlangsung Sore hari dimajukan dari rencana sebelumnya yang seharusnya dilaksanakan malam hari.

“Dimajukan ke sore hari, untuk membuat atlet difable melakukan mobilitas dengan nyaman, kalau dilakukan malam hari mereka akan kesulitan”, tandas Wakil Gubernur Jawa Barat.

Keberhasilan Jawa Barat menjadi Juara Kahiji dalam PON XIX/2016 yang baru saja usai diharapkan jadi spirit bagi atlet-atlet Jawa Barat di Pepernas 2016 yang akan berlangsung 15 Oktober 2016 hingga 24 Oktober 2016, dengan menggunakan Venue yang sebagian besar ada di Kota Bandung.

Ada 13 Cabang Olah eaga (cabor ) yang dipertandingkan, masing-masing Angkat Berat, Atletik, Bolavoli duduk, Bulutangkis, Catur, Goalball, Judo, Panahan, Renang, Sepakbola, Tenis Kursi roda, Tenis meja, dan Tenpin Bowling.

Upacara pembukaan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XV/2016 Jawa Barat di Stadion Siliwangi Kota Bandung, Sabtu (15/10/2016), mengusung semangat dan tema “Terbanglah Garudaku Mendunia”.

“Prosesi pembukaan Peparnas 2016 selain mengusung tagline menembus batas juga akan mengekspresikan spirit prestasi internasional yang akan kita tuangkan dengan tema Terbanglah Gaduraku Mendunia,” kata Koordinator Tim Sembilan Bidang Upacara PB PON dan Peparnas 2016 Jabar Aat Suratin .

Rangkaian upacara pembukaan Peparnas dikemas dalam bingkai harmoni Nusantara dengan mengusung berbagai seni budaya Indonesia yang dikemas dengan rasa Jawa Barat.

Sebanyak 600 penari akan dilibatkan, termasuk 200 penari dari 48 sekolah luar biasa di Kota Bandung. Sedangkan 400 penari lainnya seniman-seniman muda dari SMKN 10 Kota Bandung yang merupakan sekolah pengembangan kesenian.

Pergelaran seni budaya itu akan digelar seusai penyulutan api kaldron Peparnas 2016 yang rencananya akan dilakukan oleh Ni Nengah Widiasih, peraih medali perunggu pada ajang Paralympiade 2016 di Rio de Janeiro.

Rencananya, pembukaan Peparnas 2016 Jabar akan dihadiri dan dibuka Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani.

Pepernas diselenggarakan secara  kolosal ,  untuk mendorong generasi-generasi atlet muda Indonesia berprestasi di ajang dunia , pungkas Aat Suratin.

*** Deetje

 

Share This:

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>