Published On: Rab, Nov 16th, 2016

Alih fungsi lahan sebabkan bencana

Update, Bandung

Musim penghujan mengakibatkan gerakan tanah yang berujung pada longsor, terutama didaerah-daerah perbukitan terjar, kata Ego Syahrial , Kepala Badan Geologi bertempat di Kantor Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Jalan.Diponegoro Bandung, Jumat (11/11/2016).

Ego menegaskan ada sekitar 174 gerakan tanah yang mengakibatkan longsor di seluruh Indonesia dan lebih dari 40 persennya terjadinya di Jawa Barat.

Kebencanaan erupsi gunung berapi, gempa, tanah longsor, dan banjir bandang dari 2005 – 2015 telah menelan korban sebanyak 3000 orang di seluruh Indonesia dan terbesarnya di Jawa Barat.

Alih fungsi lahan menjadi penyebab banyaknya pergerakan tanah yang mengakibatkan longsor, terutama di Kota Bandung yang dialiri lebih dari 12 sungai.

Sungai-sungai yang melewati Kota Bandung sebagian besar telah mengalami pendangkalan, sehingga sebagian bencana lebih diakibatkan ulah “Human Intervention”.

Akibat sedikitnya kesadaran manusia terhadap alam , maka Aktivitas manusia tersebut  sangat dominan menyebabkan kebencanaan geologi seperti yang sekarang banyak terjadi, pungkas Ego.

*** Deetje

 

Share This:

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>