Published On: Sab, Nov 26th, 2016

IMC peta masa depan bagi industri musik

Update, Bandung

Kota Bandung belum punya venue yang representative untuk kegiatan musik, kata Robin Malau , Founder & Program Director, saat prescon di Jalan. Taman Cibeunying bandung, Jumat (25/11/2016).

Sehingga perlu diselenggarakan Independent Music Conference (IMC) yang akan  berlangsung di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Sabtu (26/11/2016).

IMC digelar sebagai penguatan ekosistem industri musik, khususnya Kota Bandung yang memiliki potensi yang sangat besar di bidang industri musik, juga menjadi peta dan acuan bagi “Robin-Robin muda”, agar tidak bernasib seperti dirinya di tahun 1990 an, papar Robin Malau yang pernah malang melintang di dunia musik.

Kota Bandung sudah resmi menjadi anggota jejaring Kota Kreatif UNESCO dalam bidang desain sejak 11 Desember 2015 lalu. Selain itu, dalam target RPJMD Kota Bandung 2013-2018 dan Rencana Strategis SETDA, Bandung wajib mengaktivasi dan mengembangkan sub sektor ekonomi kreatif selain desain seperti musik, kuliner dan sebagainya.

IMC merupakan  upaya untuk mengidentifikasi tantangan dan menyusun strategi dalam memperkuat serta melengkapi ekosistem industri musik, terutama di Kota Bandung yang berpotensi sangat besar .

IMC 2016 bakal menampilkan diskusi panel berisi sejumlah ahli dari berbagai bidang yang berhubungan dengan pembangunan ekosistem musik.

Rencananya hadir 100 delegasi eksklusif yang diundang khusus untuk menghadiri kegiatan ini, namun tidak dihadiri pemusik berkelas , karena mereka ‘hoream mengikuti acara serius”, tandas Robin.

Delegasi yang akan hadir,  terdiri dari elemen pemerintah, industri, masyarakat, komunitas musik serta akademisi.  guna membahas  peran musik dalam kota kreatif, pendidikan musik, infrastruktur fisik dan nonfisik, jejaring antarkota kreatif, membangun ekosistem musik yang berkelanjutan.

Hasil dari diskusi ini akan dirangkum dan menjadi dokumen rekomendasi untuk Pemkot Bandung guna mendukung pembangunan ekosistem musik dalam Bandung Kota Desain, “Do or Die”, pungkas Robin menggambarkan IMC.

^^^Deetje

Share This:

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>