Published On: Sen, Jun 19th, 2017

Lebaran sehat dan proporsional

Jurnal7, Foody

Lebaran sebentar lagi……, ini merupakan momen di mana kita  dapat berkumpul dengan keluarga besar. Makan saat hari raya adalah salah satu agenda wajib. Namun diharapkan dapat tetap menjaga asupan, terutama jika sedang dalam rencana menurunkan berat badan atau memiliki penyakit tertentu yang mengharuskan  untuk  memperhatikan pola makan.

Memang mudah sekali untuk makan berlebihan saat hari raya, terlebih lagi jika  berkunjung ke rumah-rumah kerabat, bisa jadi nyaris di setiap rumah , kita akan ditawari makanan.

Bila sedang dalam kondisi khusus, baik ingin menurunkan berat badan atau memang memilki penyakit tertentu yang membuat kita harus menjaga pola makan, seperti diabetes misalnya.

Makan saat hari raya biasanya tinggi akan lemak, protein, dan karbohidrat. Untuk sementara  kita  dapat mengesampingkan program penurunan berat badan .

Di hari raya Jangan terlalu ketat pada diri  sendiri , apalagi jika ini membuat kita  menolak berbagai hidangan yang sudah sengaja disiapkan oleh tuan rumah. Tetap perhatikan porsinya, jangan makan sampai terlalu kenyang.

Namun bagi yang memang diharuskan mengatur pola makan, seperti pada penderita diabetes, maka ada baiknya  memperhatikan betul apa yang  kita makan.

Misalnya, membatasi makan ketupat berlebihan atau mengurangi kuah santan saat makan, serta menjaga posri ngemil kue-kue lebaran yang cantik dan menggoda.

Selamat Menyambut Hari Nan Fitri 1438 H/ 2017.

^^ Deetje

Share This:

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>