Published On: Sen, Agu 28th, 2017

Pusat Industri Film Nasional bisa di Ciletuh Palabuhan Ratu, kata Demiz

Jurnal7, Pariwisata

Kawasan Ciletuh Palabuhan Ratu diharapkan dapat menjadi Pusat Industri Film, karena akan berdampak pada kemajuan ekonomi, ungkap Wakil Gubernur Jawa Barat Dedi Mizwar pada acara Pembukaan “, Ciletuh PalabuhanRatu Geopark Festival”, di GOR Venue Tinju, Palabuhan Ratu Kabupaten Sukabumi , (27/8/2017).

Pusat Industri Film luar biasa besar , akan meningkatkan kunjungan  wisatawan sehingga hotel-hotel di Sukabumi akan penuh terisi serta rumah makan akan ramai, kata Demiz.

“Siapa yang tidak mau liat artis. siapa yang tidak mau foto-fota dengan artis”, urainya

Demiz juga menerangkan media sosial  telah memberikan dampak yang signifikan terhadap wisata di Ciletuh, Palabuhan ratu, Sukabumi. Geopark Ciletuh memiliki luas sekitar 126.000 hektare yang menghampar dari Ujung Genteng sampai Cisolok dan berbatasan langsung dengan Provinsi Banten.

“Tidak menyangka karena berbeda dengan tiga tahun lalu kini kawasan Ciletuh dan Palabuhan bisa lebih ramai terutama di akhir pekan. Bahkan ada informasi di Palangpang sekarang setiap akhir pekan sampah itu numpuk. harus tetap jaga lingkungan juga ya,” pinta Demiz.

Segala hal informasi yang berkaitan dengan tempat wisata, potensi seni dan budaya, juga agenda seni dan budaya di Ciletuh harus terintegrasi dengan baik.

Aksesbilitas informasi melalui digital ini sangat penting, sehingga masyarakat Indonesia bahkan mancanegara bisa dengan mudah dan cepat mendapatkan informasinya.

Selain kemudahan akses informasi, infrastruktur fisik juga perlu didorong agar terus dibenahi. Lebih lanjut, Demiz mengatakan pihaknya tengah mendorong semua pihak agar secepatnya mendirikan beberapa homestay atau tempat singgah bagi wisatawan.

“Program homestay sedang diluncurkan sekarang. Geopark Ciletuh-Palabuhanratu ini akan menjadi Kawasan Ekonomi Khusus. Akan ada bantuan dari pusat, agar masyarakat disini bisa mengelola homestay, pinjaman dari Pemerintah Pusat,”.

Demiz mengharapkan, ahir tahun ini sudah ada hasil dari tim asesor UNESCO mengenai status Geopark Ciletuh Palabuhan Ratu Sukabumi.

Dalam kesempatan tersebut Ida Hernida, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan ( Kadisparbud) Jawa Barat mengatakan Geopark  Festival Ciletuh  merupakan komitmen Jawa Barat untuk memperjuangkan Geopark Nasional Ciletuh menjadi UNESCO GLOBAL GEOPARL (UGG).

Melalui kegiatan Festival diharapkan dapat meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap seni budaya di Palabuhan ratu Kabupaten Sukabumi, tandas Ida.

** Deetje

Share This:

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>