Published On: Sel, Agu 8th, 2017

Sinergi Kodam III/Siliwangi dan 10 BUMN bedah rumah veteran

Jurnal7, Nasional

Peringatan HUT Republik Indonesia ke 72, ditandai dengan kegiatan bedah rumah sebanyak 724 unit Rumah veteran.

Sepuluh BUMN melakukan MoU (Memorandum of Understanding/kesepakatan kerjasama) dengan Kodam III/Siliwangi, sebagai bentuk kepedulian  dan  perhatian pemerintah kepada veteran yang berjuang pada masa kemerdekaan.

Penandatangan MoU antara Kodam III/Siliwangi dengan BUMN Nasional, yakni Bank Mandiri, Bank BRI, Bank BNI, Bank Tabungan Negara, Telkom Indonesia, Pupuk Indonesia, Bio Farma, Pembangunan Perumahan Tbk, Pelabuhan Indonesia 2 dan Pegadaian, berlangsung di ruang Bina Yudha Makodam III/Siliwangi, Jln. Aceh, Kota Bandung, Selasa (8/8/2017).

Pangdam III/Siliwangi, Mayjen TNI M. Herindra, mengapresiasi  kerjasama dengan BUMN sebagai bentuk perhatian kepada veteran.

Herindra, menegaskan jangan sampai ketika memperingati HUT RI ke 72, masih ada rumah veteran yang dalam kondisi kurang baik,

Dalam kegiatan tersebut, pihaknya akan melibatkan seluruh anggota kodam dan babinsa di daerah. Terutama untuk mengecek dan memverifikasi rumah yang layak dibedah. Dimana setiap rumah mendapat bantuan sekitar Rp 40 juta, namun disesuaikan dengan kondisi rumah yang akan dibedah.

“Kegiatan ini dilaksanakan di Jawa Barat dan Banten, setiap rumah yakni Rp 40 juta tapi bervariasi tergantung kondisi jadi bisa kurang lebih. Diharapkan pelaksanaan kegiatan ini dapat benar-benar tepat sasaran, jangan sampai ada komplain dari pemilik rumah,” kata Pangdam III/Siliwangi.

Pada kesempatan yang sama, Perwakilan dari BUMN yang juga merupakan Kepala Wilayah Bank Mandiri Bandung dan Jabar, Iman Gunawan mengatakan. Bahwa ketika memperingati hari kemerdekaan, sering muncul veteran yang tidak terperhatikan. “Kita sering melihat ada veteran yang tidak terperhatikan, bahkan mengenaskan keadaanya. Semoga dengan kegiatan ini dapat meng-counter hal-hal tersebut,” ujarnya.

Veteran, lanjutnya, harus menjadi perhatian pemerintah karena jasanya dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia. Oleh karena itu, bantuan ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya bagi para veteran.

Selain itu, bantuan ini merupakan kegiatan tahunan yang dilakukan bukan hanya di Jabar dan Banten, tapi di seluruh Indonesia. “Ini merupakan salah satu bentuk CSR, sehingga membantu hunian veteran secara gratis. Bantuan ini merupakan gabungan dari seluruh BUMN yang menandatangai MOU hari ini,” tandas  Iman Gunawan.

^^ Deetje

Share This:

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>