Published On: Ming, Sep 24th, 2017

HELIC siap gembleng GM Hotel lebih Excellence

Jurnal7, Pariwisata

Menjamurnya Hotel bintang di berbagai Kota di Indonesia menimbulkan masalah tersendiri , diantaranya masih minim SDM (sumber daya manusia) di bidang General Manager (GM).

GM hotel terutama di hotel Bintang 2 dan 3 masih kurang “greget”, dalam mengelola hotelnya kemungkinan dikarenakan jam terbangnya masih minim, ungkap Rully Zulkarnaen pada pembukaan “Grand Launching HELIC- Hotel Executive Learning Center”, bertempat di NHI-STP , Jalan.Setiabudi Bandung, Sabtu (23/9/2017).

Rully Zulkarnaen, Presiden Director HELIC, mengatakan HELIC merupakan wadah yang terdiri dari para alumni NHI-STP , berupaya untuk mendidik GM muda agar mereka lebih cepat mengetahui bagaimana me “manage” hotel dengan lebih baik.

Para fasilitator atau senior-senior “Hotelier”, yang berpengalaman lebih dari 20 tahun  akan  berbagi pengalaman melalui HELIC agar GM muda memiliki hospitality, Excellence, Loyalty, Integrity, dan Commitment.

Saat ini , GM Hotel  Internasional tidak memiliki sertifikasi secara khusus namun lebih kepada pengalaman  dan kompetensi yang dinilai oleh para operator itu sendiri, urai Rully.

Namun saat ini sudah dilakukan sertifikasi yang kedepannya akan diajukan pada Kementerian Pariwisata, sehingga kedepannya untuk menjadi GM harus memperoleh sertifikasi.

Idealnya GM memiliki sertifikasi SHA,( Sertifikat  Hotel Administrator) , CHM( Certifikat Hotel Manage) r, CHE, (Certifikat Hotel Excecutive) ,  yang di endors oleh semcam HELIC dan sekolah-sekolah pariwisata termasuk NHI/STP (Sekolah Tinggi Pariwisata) yang disetujui oleh Kementerian Pariwisata.

Dalam menghadapi MEA (Masyarakat Ekonomi Asean) setahun atau dua tahun kedepan, dimana waiter dari Singapura bisa bekerja di Indonesia, begitupun sebaliknya waiter Indonesia bisa bekerja di Singapura, Malaysia, dan negara ASEAN lainnya.

Sehingga harus dipersiapkan dari jajaran GM hingga waiter memiliki sertifikat ber standar Internasional, agar bisa menembus pasar kerja ASEAN , pungkas Ruly .

Board of Directors HELIC dimotori Rully Zulkarnaen, Presiden Director, Bambang Katjaswara. Director, Reza Sunardi, Director, Anti Roesfian, Operational Director, Irmasnyah Madewa, Director, I Gusti Putu Laksaguna, Commisioner, Upiek H Sadkar, Commisioner,serta fasilitator, diantaranya  Anang Sutono Direktur NHI-STP.

Grand Launching HELIC juga diisi dengan Talkshow dengan thema “Kompetensi adalah Mantra untuk Memenangkan Persaingan”, dengan moderator  Violetta Simatupang.

Deetje**

Share This:

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>