Published On: Sen, Nov 20th, 2017

Pangdam III/SLW :Kerusakan eco sistem lebih dahsyat dari gangguan terorisme

Jurnal7, Nasional

Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Doni Monardo,mengatakan untuk jadi pemenang perlu disiapkan Sumber Daya Manusia (SDM)

SDM yang handal  dipengaruhi oleh faktor genetik, pendidikan, makanan dan air karena 99% tubuh manusia terdiri dari air,  faktor lain dari SDM adalah lingkungan dan ecosistem, ungkapnya pada acara yang diselenggarakan bersama Penggiat Lingkungan Hidup di Makodam Siliwangi, Jalan.Aceh Bandung, Senin (20/11/2017).

Indonesia dengan jumlah penduduk lebih dari 250 juta perlu menjaga SDM agar berkualitas serta mampu bersaing dalam era globalisasi, serta menjadi Bangsa Pemenang sesuai amanat Presiden Joko Widodo, kata Pangdam pada penggiat lingkungan, diantaranya hadir dari Wanadri, PTP VIII, Dirjen Penindakan Kementrian Lingkungan Hidup, Bupati Bandung dan Kepala BPLH Jabar.

Doni Monardo menegaskan, Jawa Barat memiliki posisi strategis dikelilingi gunung-gunung tinggi , gunung tersebut memiliki kawasan flora dan fauna serta mengalirnya ribuan sungai-sungai.

Pangdam III/Siliwangi yang berasal dari Sumatra Barat namun lahir di Cimahi, sehingga merasa telah menjadi ” Urang Sunda”. urai Doni.

Masyarakat Sunda Jawa Barat telah memberikan warna yang luar biasa bagi penghargaan terhadap alam , karena tidak ada satupun provinsi lain di Indonesia yang memberikan penghargaan pada alam dengan memberikan nama “ci”, atau air terhadap semua sungai.

Begitu hebatnya masyarakat Sunda jaman dulu memberikan penghargaan terhadap air, sehingga air merupakan sebuah “mahluk”, yang mendapatkan tempat sangat terhormat.

Momentum sekarang harus jadi batu loncatan untuk menggugah kembali semangat masyarakat Sunda agar mau menghargai air.

Perlu dukungan masyarakat untuk menjaga eco sistem guna menjaga sumber air agar dapat memberikan kehidupan yang baik bagi Bangsa Indonesia.

Kodam Siliwangi sangat siap untuk bekerja sama dan melanjutkan program kerja yang sudah berlangsung selama 2 tahun terakhir .

Kerjasama dengan masyarakat yang berada di sepanjang Sungai Citarum akan menghemat energi sera efektif dengan biaya yang tidak besar ,  karena tanpa melibatkan penduduk maka mustahil bisa menjaga eco sistem di sepanjang Sungai Citarum, papar Pangdam.

“Bahaya kerusakan eco sistem lebih dahsyat daripada gangguan terorisme karena korban yang diakibatkan kerusakan lingkungan lebih besar”, pungkas Doni Monardo.

Marilah Kita jaga mata air agar kelak kita tidak berurai air mata…….

 

Deetje

 

 

 

 

Share This:

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>