Published On: Jum, Des 15th, 2017

Pertempuran Palagan Ambarawa disaksikan generasi kekinian

Jurnal7, Nasional

Flashback Pertempuran Palagan Ambarawa yang terjadi tanggal 12 -15 Desember 1945, seakan tergambar kembali, disaksikan oleh Generasi “jaman now”, atau generasi kekinian.
Teatrikal Pertempuran tersebut menjadi bagian dari  Upacara peringatan Hari Juang Kartika ke 72 yang digelar Kodam III/Siliwangi  di Brigade Infanteri (Brigif), Kota Cimahi, Jumat (15/12/2017).
Flashback itu menggambarkan peristiwa sejarah perlawanan rakyat dan tentara Indonesia terhadap Sekutu yang terjadi di Ambarawa, sebelah selatan Semarang, Jawa Tengah.
Dentuman suara tembakan semakin membuat suasana tampak seperti perang sungguhan, dengan asap dan dentuman berbagai senjata dan “Pekikan Merdeka”!, saat Indonesia mengusir penjajah dan sekutu.
Pejuang Indonesia membawa persenjataan sederhana seperti senapan, namun berjuang sepenuh hati dalam pertempuran sengit, yang mengakibatkan gugurnya para pejuang.
Upacara Peringatan Hari Juang Kartika 2017, yang berlangsung di Brigif 15 Cimahi, berlangsung meriah, selain diisi dengan flashback Pertempuran Ambarawa, juga digelar Permainan Angklung, dan Demontrasi Beladiri Yongmodo, beladiri khas TNI AD.
SutradaraPertempuran Ambarawa adalah  Pembina Mental Kodam III Siliwangi, sKapten Inf Agus Wawan Purtiwan, yang memperoleh apresiasi masyarakat dan undangan yang hadir.
Puncak Upacara Hari Juang Kartika ke 72, Tahun 2017 , diikui oleh Pasukan Militer dan  Aparat  Sipil  Negara (ASN)  Jajaran Kodam III/Siliwangi serta anggota ormas dan Paskibraka yang dipimpin Kasdam III/ Siliwangi  Brigjen TNI YP. Sembiring.
** Deetje

Share This:

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>