Published On: Kam, Mar 1st, 2018

Kenapa Iwan Layak jadi Plt.Gubernur Jabar, ini kata Mugi…

Irjen. M Iriawan pernah menduduki Jabatan Kapolda Jawa Barat Tahun 2013 – 2015, untuk kemudian menjabat sebagai Kapolda Metro Jaya 10 bulan.

Iriawan yang kerap disapa Iwan Bule merupakan Lulusan  Akpol 1984 ,  kini dipercaya menduduki jabatan Asisten Operasi (Asops) Kapolri.

Saat pergantian itu diumumkan, banyak orang mereka-reka soal pergantian pria kelahiran 31 Maret 1962 di Jakarta

Dipilih karena keberhasilan sebagai Kapolda Metro Jaya. Demikian  yang dikatakan Kapolri Tito Karnavian pada acara serah terima jabatan itu di Jakarta.

Pria lulusan Akademi Kepolisian tahun 1984 ini tergolong memiliki prestasi yang gemilang di Kepolisian. Ia dikenal cukup tegas dan tidak ragu menegur anak buahnya saat melakukan kesalahan.

Sederet posisi pernah dipangkunya sebelum menjabat sebagai Direskrimum Polda Metro Jaya. Ia pernah menjabat sebagai Kapolres Tegal pada tahun 2001 selama 3 tahun. Selanjutnya, Iriawan dipercaya sebagai Irbidops Itwasda Polda Metro Jaya.

KARIR IRJEN M IRIAWAN

  • Kapolres Tegal Polda Jateng (2001)
  • Irbidops Itwasda Polda Metro Jaya (2004)
  • Ka SPN Purwokerto Polda Jateng (2006)
  • Kabag Lekdik Rodalpers SSDM Polri (2008)
  • Dir Reskrimum Polda Metro Jaya (2008)
  • Wadir I/Kamtranas Bareskrim Polri (2009)
  • Dir Binmas Baharkam Polri (2010)
  • Kapolda NTB (2012)
  • Kapolda Jabar (2013)
  • Kadivkum Mabes Polri (2015)
  • Kadivpropam Mabes Polri (2016)
  • Kapolda Metro Jaya (2016)
  • Asops Kapolri (2017)

 

Pro Kontra Plt Gubernur Jawa Barat

Keputusan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo yang akan mengangkat perwira tinggi atau pati Kepolisian RI menjadi pelaksana tugas gubernur di Provinsi Jawa Barat dan Sumatera Utara menimbulkan polemik.

Berbagai kritik dan penolakan muncul dari berbagai kalangan. Langkah Tjahjo dipertentangkan baik secara hukum maupun politik.

Menteri Tjahjo sendiri tak mempermasalahkan jika banyak kalangan mempertanyakan kebijakannya. Dia mengaku punya pertimbangan sendiri memilih anggota TNI dan Polri dibandingkan Aparatur Sipil Negara lain seperti Sekretaris Daerah untuk menjadi pelaksana tugas gubernur. “Kalau sekda, nanti diindikasikan menggerakkan PNS-nya.

Dua pati yang ditunjuk Tjahjo adalah Asisten Operasi Kapolri Inspektur Jenderal M. Iriawan dan Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan Inspektur Jenderal Martuani Sormin. Keduanya ditugaskan untuk menggantikan sementara gubernur definitif masa jabatannya akan habis pada Juni mendatang.

Menyikapi pro kontra dikalangan masyarakat, Ketum BBC Mugi Sudjana , menandaskan Irjen M Iriawan yang pernah menjabat Kapolda Jawa Barat selama kurang lebih dua (2) tahun dirasa pas untuk menduduki jabatan  Plt Gubernur Jawa Barat.

Iriawan dianggap mampu menangani birokrasi serta keamanan wilayah Jawa Barat, dan Iwan Bule yang akrab bagi kalangan masyarakat Jawa Barat justru tidak mengalami kontra di wilayah ini, pungkas Mugi yang berharap Jawa Barat tetap aman dan kondusif menjelang Pilkada serentak. ^^

 

Referensi : Dari berbagai sumber

 

Share This:

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>