Published On: Sen, Des 24th, 2018

Personil TNI siap siaga evakuasi terdampak tsunami

Jurnal7,Pandeglang

Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Tri Soewandono terjun langsung tinjau lokasi bencana alam tsunami di Tanjung Lesung Kecamatan Pandeglang dan Cilegon Kabupaten Banten, Minggu (23/12/2018).

Kedatangan Pangdam III/Siliwangi dan rombongan langsung menuju ke Posko darurat di lokasi bencana untuk mengetahui langsung perkembangan situasi terakhir setelah terjadinya bencana tsunami.

Bencana alam yang melanda di wilayah Pandeglang dan Cilegon ini telah banyak menelan korban jiwa, luka-luka dan harta benda bahkan diperkirakan masih banyak korban lagi yang belum diketemukan.

Pangdam mengatakan , untuk penempatan personil kita sebar tergantung dari titik berat, dimana terdampak paling parah itu agak besar, jadi nanti kita akan rinci setelah kita tau medan mana yang terberat

” Jadi tugas Prajurit di lapangan sementara dititik beratkan pada evakuasi beserta Basarnas, kemudian kita juga ada Tim Kesehatan dari Kesatuan TNI AD, AU dan AL dimana ada pasukan evakuasi disitu ada pasukan kesehatan, barangkali dilapangan masyarakat yang terdampak sakit atau tertimpa puing-puing kita langsung atasi ditempat, ” jelas Pangdam.

Dikatakannya juga, ” daerah Sumur belum tersentuh karena daerahnya terisolir, besok pagi kita akan tembus, subuh akan berangkat pasukan ada sekutar 150 orang langsung nembus kesana dan itu harus tembus, target saya harus tembus “.

Kemudian, ” satuan Kesehatan yang mengikuti termasuk satuan dari perhubungan tapi kita tidak tau apakah disana signalnya ada karena prinsifnya, apabila pasukan bergerak kita harus bisa mengendalikan, karena informasi awal yang sudah mencoba jalannya rusak sehingga nanti akan pasukan Infanteri yang masuk sana duluan, ” ungkapnya.

Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Tri Soewandono menghimbau, ” untuk yang berwenang yang dapat mengatakan itu ada bencana susulan adalah BMKG dan BNPP, selain dari instansi yang resmi kayaknya jangan diikuti, sedangkan untuk tanggap darurat 12 hari pertama “.

Kedatangan Pangdam III/Siliwangi kelokasi bencana tsunami didampingi oleh Danrem 064/MY, Asops Kasdam III/Siliwangi, Aster Kasdam III/Siliwangi, Kapendam III/Siliwangi dan Dandim Pandeglang.

 

Share This:

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>