Published On: Sel, Okt 8th, 2019

Restorasi Film Bintang Ketjil produksi Tahun 1963 tayang di CGV MIM Bandung

Jurnal7.com

 

 

Festival Film  Budaya Nusantra (FFBN) menampilkan Film Bintang Ketjil  produksi tahun 1963 dan Tiga Dara produk Tahun  1956 di CGV Metro Indah Mall Bandung, Selasa (8/10/2019).

Hadir dalam penayangan Film Bintang Ketjil,  Rektor ISBI  Dr.Hj. Een  Herdiani, Wakil Rektor Bid.Perencanaan Sistem Informasi Dr.Suhendi, Kepala Jurusan TV/Film Hernawan dan Panji Wibisono Bidang Pengarsipan.

Bintang Ketjil diproduseri  Annie Mambo, Sutradara Wim Umboh, Misbach Jusa Biran, Penulis Wim Umboh, Misbach Jusa Biran.

Film ini diperankan Rd Ismail, Maria Umboh, Suzy Mambo, Nana Awaludin, Mansjur Sjah, Tuty S, AN Alcaff, Fifi Young, Noortje Supandi, serta Anna Susanty.

Maria Umboh adalah anak Wim Umboh. Kopi 35 mm judul ini dapat diakses dari Koleksi Sinematek Indonesia. Kini sudah direstorasi ke dalam bentuk DCP lewat  program Pelestarian Budaya dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Film ini mengisahkan kepanikan orang tua yang menduga anak-anak mereka tidak pulang. Diculik?

Ternyata anak-anak tersebut kurang perhatian  dari orang tua yang sibuk.

Anak anak yang begitu mendambakan mengungjungi kebun binatang, hanya diberi janji-janji palsu orang tua.

Akhirnya para anak-anak  berusaha mencari jalan sendiri pergi ke Kebon Binatang, sebagaimana pernah dijanjikan orangtua mereka masing-masing.

Maria (Maria Umboh) dan Suzy (Suzy Mambo) ditolong oleh seorang lelaki tua (Rd. Ismail), bekas guru mereka, untuk bisa pergi ke Kebon Binatang dan tempat-tempat hiburan lain.

Semua akibat orang tua yang suka “obral” janji, namun lupa memenuhinya.

Banyak kelucuan yang dramatis dari Bintang Ketjil, ketikq Orangtua mereka mengira diculik dan lapor polisi.

Polisi berhasil menemukan mereka dan mengembalikan pada orangtuanya, tapi sang bekas guru terguncang karena peristiwa ini dan masuk rumah sakit jiwa.

Bintang Ketjil di restorasi dari film 35 mm , kini dapat diakses dari Koleksi Sinematek Indonesia, dan sudah direstorasi ke dalam bentuk DCP lewat  program Pelestarian Budaya dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Proses Restorasi dilakukan guna menarik minat penonton dalam menyaksikan film-film Klasik Indonesia, seperti Bintang Ketjil dan Tiga Dara produksi tahun 1956

Bintang Ketjil dan Tiga Dara tayang di CGV Metro Indah Mall Bandung, Selasa-Rabu 8 dan 9 Oktober 2019.

jurnal7.com

Share This:

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>