Published On: Kam, Okt 24th, 2019

Upaya Khusus (Upsus) dilaksanakan demi swasembada pangan

Jurnal7.com

 

Koordinator Umum Upsus Brigjen TNI Widodo Iryansyah mengungkapkan program pendampingan Upaya Khusus (Upsus) kepada para petani, merupakan salah satu peran penting Babinsa dalam rangka mensukseskan swasembada pangan, ungkapnya pada acara Sosialisasi Peran Aktif Babinsa Dalam Rangka Upsus Bidang Pertanian di Aula Satata Sariksa Rindam III/ Siliwangi Jalan Manado, Kamis (24/10/2019).

Demi tercapainya swasembada pangan sebagai tulang punggung di satuan komando kewilayahan harus melakukan Upaya Khusus (Upsus) penanaman padi atau pendampingan terhadap para petani, jelasnya dihadapan 400 Babinsa.

Widodo menyampaikan apresiasi kepada Kementrian Pertanian RI atas kepercayaan kepada TNI Angkatan Darat untuk bekerja sama dalam membangun pertanian dan ketahanan pangan nasional sesuai visi nawacita yang dicanangkan oleh pemerintah,”

Menurut Widodo, selama 4 tahun pelaksanaan pendampingan TNI Angkatan Darat dalam bidang pertanian khususnya beras, jagung dan kedele (bejale) pada tahun 2018 menunjukkan hasil yang positif. Hal tersebut, kata dia, ditandai dengan kenaikan produksi bejale naik hingga 4,07%

“Kami berharap dengan kerjasama ini dapat terus meningkatkan pencapaian target dari program pertanian yang pada akhirnya dapat membuat negara yang kita cintai ini menjadi negara yang berswasembada pangan,” ucapnya.

Namun begitu, Widodo mengingatkan beberapa hal menjadi tugas para Babinsa terkait program pendampingan upaya khusus pertanian diantaranya melaksanakan budaya tanam serentak dan meningkatkan luas tambah tanam atau membantu pembangunan infrastruktur jaringan irigasi tersier seperti embung, long straight, parit pungkasnya.

jurnal7.com

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>