Published On: Jum, Nov 15th, 2019

Wartawan Taiwan Terpesona Progres Sektor 9 Citarum Harum

Jurnal7.com

Bandung Barat,- Kondisi aliran sungai Citarum yang sempat Viral sebagai sungai terkotor di dunia, karena limpahan limbah industri, Limbah domestik dan sampah, banyak menarik Jurnalis asing untuk melakukan peliputan langsung dilapangan.

Salah satunya adalah wartawan dari CNA Taiwan Shih, Hsiu Chuan bersama koresponden CNA Jakarta Yoga datang dan berkunjung langsung ke Posko utama sektor 9 di Kecamatan Cihampelas Bandung Barat, Kamis (14/11/2019).

Selanjutnya Shih Hsiu Chuan beserta penerjemahnya diantar menuju Sub 1 sektor 9 yang sedang melaksanakan giat pembenahan icon sektor serta tempat pemilahan sampah.

” Kami tertarik dengan program Citarum ini karena pernah dinobatkan sebagai sungai terkotor di dunia, tapi kini kondisinya sudah sangat berubah,” Kata Shih Hsiu Chuan melalui penerjemahnya.

” Ketertarikan kami berkunjung kemari karena saya membaca di medsos adanya program percepatan DAS Citarum, akhirnya kami menghubungi Kasipenmedlek Kodam III/Siliwangi Mayor Kav Susanto,” Ucapnya.

Shih Hsiu Chuan juga mempertanyakan, kemana sampah yang menggunung dan tersebar di aliran sungai Citarum,” sekarang sampah sudah tidak ada, padahal kami datang untuk melihat sejauh mana sampah yang berada di sungai,” tuturnya melalui penterjemah.

Mewakili dansektor 9 Kolonel Inf Amir Mahmud, Serka Dede menyampaikan bahwa sampah akan kembali datang apabila ada hujan,” sampah tersebut merupakan sampah kiriman, tapi satu hari saja kami langsung angkat”.

” Sekarang ini sudah sulit untuk mencari sampah yang masih menggunung, baik di bantaran Citarum maupun di Waduk Saguling, karena target utama satgas Citarum selain limbah industri dan domestik, ya sampah yg berada di TPS liar”.

” Hari ini kami ajak langsung Shih Hsiu Chuan untuk melihat kegiatan satgas sektor 9, mulai dari sub 1 sampai sub 3, bahkan di sub 3 satgas turun ke anak sungai Cihaur untuk mengangkat sedimentasinya,” Tandas Serka Dede.

Sebelum berkunjung ke sektor 9, wartawan Taiwan Shih Hsiu Chuan juga sempat mengunjungi sektor 6 dan sektor 7 dengan agenda yang sama.

jurnal7.com

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>