Published On: Kam, Jan 9th, 2020

Pangdam III/Slw : jaga “local wisdom” guna menyelamatkan Citarum

Share This
Tags

Jurnal7.com

Bunga selasih tak pernah layu, terima kasih Thank You”.

Merupakan pantun yang disampaikan Pangdam III/Siliwngi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto pada acara silaturahmi yang berlangsung di Aula Makodam III/Slw, Kamis (9/1/2020).

Hadir dalam silaturahmi tersebut berbagai komponen masyarakat, diantarnya pemerhati lingkungan , seniman, pecinta alam, akademisi, praktisi dan awak media.

 

Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto , memaparkan pencapaian kinerja yang telah dilakukan oleh Satgas Citarum Harum.

Menurut Pangdam III/Slw perkembangan proses perbaikan sungai Citarum sudah mencapai 25 persen,sisanya masih 75 persen harus selesai dalam 5 tahun kedepan.

Pangdan menegaskan pihaknya akan bekerja lebih cepat. Sehingga sebelum 5 tahun program Citarum Harum ini bisa rampung.

Tidak perlu nunggu 5 tahun lagi diharapkan dalam 3 tahun sudah selesai, sehingga kita semua bisa menikmati hingga anak cucu kita, tegas Pangdam.

Progres yang dilakukan sekarang, selain melakukan pengerukan sedimentasi, pelebaran sungai Citarum pun terus dilakukan.

Bahkan untuk memperbaiki kinerja setiap bulannya Satgas Citarum akan melakukan evaluasi.
“Setiap bulannya kita evaluasi apa yang menjadi kekurangan itu harus kita perbaiki.

Dan tiap triwulan (tiga bulan) rencananya kita akan melakukan kegiatan silaturahmi seperti ini sehingga kita bisa menerima masukan-masukan dari masyarakat, dari LSM, maupun dari yang lainnya,” paparnya.

Pesan Pangdam III/Slw pada warga di bantaran sungai Citarum untuk lebih menjaga lingkungan.

Jangan ada lagi warga yang membuang sampah ke sungai karena dikhawatirkan menyebabkan banjir, jadikan sungai sebagai halaman depan rumah  dan jaga “local wisdom guna menyelamatkan Citarum”, pungkas Pangam.

 

jurnal7.com

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>