Published On: Jum, Agu 25th, 2017

Presiden akan hadiri Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan 2017 di Bandung

Jurnal7, Pariwisata

Presiden  dan Ibu Negara akan  hadir pada  Acara Puncak Perayaan 17 Agustus sekaligus penutupan bulan kemerdekaan  yang  digelar di Kota Bandung, Jawa Barat pada Sabtu (26/8/2017).

Pesta rakyat bertajuk ‘Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan 2017​’ ini akan dihadiri oleh Presiden RI, Joko Widodo, sejumlah Menteri, Gubernur Jawa Barat, dan Walikota Bandung.

Presiden dan Ibu Negara akan ikut berpartisipasi sebagai peserta karnaval dengan menaiki Kareta Pancasila, mobil hias yang dirancang oleh lima seniman asal Bandung.

Pesona Parahyangan  akan  melibatkan lebih dari 1.200 peserta. Peserta terdiri dari berbagai komunitas dan penyelenggara festival se-Indonesia seperti  Jember Fashion Carnaval, Solo Batik Carnival, dan Tomohon International Flower Festival.

Menteri Pariwisata Arief Yahya,  dalam pesannya mengatakan karnaval ini akan menjadi pesta rakyat yang menampilkan arak-arakan budaya nusantara sebagai representasi dari keberagaman suku dan budaya di Tanah Air, dengan semangat api kerja bersama untuk mengisi kemerdekaan.

“Bandung dikenal sebagai kota kreatif dan budaya, pemilihan Bandung sebagai tempat penyelenggaraan akan semakin menguatkan posisi Bandung sebagai pusat industri kreatif dan destinasi karnaval berkelas dunia,” ujar Arief.

Melengkapi pernyataan Arief, Aat Suratin, budayawan penggagas, pelaksana dan kurator Karnaval, mengatakan karnaval akan menampilkan beragam ekspresi budaya dari seluruh nusantara. Ekspresi budaya ini, kata Aat, akan tercermin dari keberagaman kostum peserta, seni tari, musik, dan rupa yang ditampilkan para peserta.

“Seluruh peserta karnaval, baik yang menampilkan budaya tradisional, maupun kontemporer, akan mengekspresikan olah kreatif dari tema utama karnaval, yaitu Menyalakan Semangat Api Kerja Bersama,” ujar Aat.

Jadwal dan Rute Karnaval Pesona Parahyangan 2017

Rangkaian kegiatan Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan 2017di Bandung akan dimulai pada 26 Agustus pukul 09.30 WIB. Panjang lintasan karnaval keseluruhan mencapai 3.8 km.

Rute rangkaian Karnaval akan dimulai dari depan Gedung Sate menuju ke Jl. Ir. H. Juanda (Jl. Dago), Jl Merdeka menuju ke Taman Vanda. Di Taman Vanda Presiden RI dan Ibu Negara akan turun untuk menyaksikan rangkaian karnaval. Selanjutnya rangkaian Karnaval akan menuju Alun-alun Masjid Raya Jl. Asia Afrika, serta akan berkumpul pula Festival Komunitas di Jalan.Sukarno dan Taman Sungai Cikapundung.

** Deetje

jurnal7.com

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>