oleh

Antisipasi Covid 19 , yuuu olah raga dirumah biar tetap sehat bugar

Jurnal7.com

Mengantisipasi wabah Virus Corona /Covid 19 yang menteror seantero dunia , mulai Januari 2020 di Wuhan Tiongkok dan terus menyebar ke seluruh belahan dunia, dari Asia, hingga Eropa.

Sejumlah negara telah memberlakukan LockDown, yang melarang warganya bepergian keluar negara dan melarang warga lain masuk, termasuk juga di Indonesia dimana Pemerintah telah melarang warganya untuk bepergian.

Selama 14 di awal bulan Maret 2020 ini warga diminta tetap tinggal dirumah , tidak melalukan sosialisasi diluar rumah.

Mengantisipasi kondisi tersebut, diharapkan warga Indonesia tetap tenang , karena BADAN yang sehat merupakan cerminan dari gaya hidup yang sehat.

Banyak hal yang bisa dilakukan untuk mendapatkan badan yang sehat, salah satunya adalah dengan berolahraga.

Berolahraga di rumah menjadi solusi bagi Anda yang memiliki jam terbang kesibukan yang tinggi. Waktu olahraga bisa menyesuaikan dengan waktu luang Anda, begitu juga dengan lamanya waktu berolahraga Anda bisa mengaturnya sendiri.

Gerakan olahraga dirumah sangat sederhana, namun sangat efektif bagi Anda yang ingin memiliki tubuh sehat dan bugar. Berikut beberapa olahraga yang bisa Anda lakukan dirumah:

1. Jogging

Anda tidak harus membeli alat treadmill agar bisa jogging dirumah. Cukup dengan memanfaatkan halaman di depan rumah, atau tempat yang sedikit lebih lapang untuk bisa melakukan jenis olahraga ini.

Sebelum melakukan jogging, sebaiknya Anda melakukan pemanasan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan seperti cedera pada otot. Untuk waktu jogging juga tidak perlu terlalu lama, asalkan rutin dilakukan Anda bisa mendapatkan tubuh yang sehat.

2. Gerakan Duduk-Berdiri

Olahraga ini sangat mudah dilakukan, Anda cukup menyiapkan satu buah kursi sebagai medianya. Lakukan gerakan duduk selama tiga detik lalu berdiri. Lakukan gerakan tersebut berulang sesuai dengan irama.

Saat melakukan gerakan ini, pastikan Anda duduk tanpa bersandar, posisi tubuh tegak, dengan tatapan lurus kedepan dan posisi perut ditarik kedepan.
Gerakan ini berguna untuk melatih pernapasan dan melatih otot-otot kaki.

3. Naik-Turun Tangga

Jika rumah Anda memiliki dua lantai, Anda bisa memanfaatkan tangga yang ada untuk berolahraga. Olahraga ini, seperti olahraga jogging. Anda cukup berjalan menaiki dan menuruni tangga seperti jalan biasa. Lakukan gerakan ini secara berulang dan berirama.

Menjelang akhir olahraga, tempo berjalan sedikit lebih cepat seperti berlari. Olahraga ini bertujuan melatih otot-otot kaki.

 

4. Push-up

Olahraga ini merupakan gerakan yang sangat mudah untuk dilakukan, karena anada bisa melakukannya dimana saja dengan ruangan yang kecil sekalipun. Gerakan Pus-up dimulai dengan posisi tidur tengkurap dengan tangan berada di samping kanan dan kiri badan, kemudian badan didorong keatas dengan kekuatan tangan denagn posisi badan dan kaki tetap lurus atau tegap.

Kemudian turunkan badan tanpa menyentuh lantai dengan tetap menjaga posisi badan dan kaki tetap lurus. Lakukan gerakan tersebut secara berulang-ulang. Gerakan ini berguna untuk melatih kekuatan tubuh bagian atas dan kekuatan otot.

5. Sit-up

Sama seperti gerakan pus-up, gerakan sit-up ini juga sangat mudah dilakukan. posisi awal untuk gerakan ini adalah Anda berbaring dengan posisi kaki ditekuk dengan posisi telapak kaki menyentuh lantai. Atau kaki bisa dalam posisi lurus, posisi tangan bisa diluruskan kedepan, disilangkan didepan dada atau di ditekuk denga posisi telapak tangan tepat di belakang kepala.

Kemudian angkat tubuh bagian atas hingga menyentuh lutut, lalu turunkan Anda hingga seperti posisi semula. Lakukan gerakan tersebut berulang-ulang semampu Anda. Gerakan ini berguna untuk melatih otot dibagian perut.

6. Bridge

Gerakan bridge ini bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan lantai sebagai medianya. Posisi awal untuk gerakan ini adalah, Anda berbaring terlentang dengan posisi tangan berada disamping badan, kemudian tekuk lutut namun betis tetap lurus dengan telapak kaki menyentuh lantai.

Kemudian angkat pinggul Anda hingga lurus dengan bahu, tahan selama tiga detik dan turunkan pinggul Anda secara perlahan. Lakukan gerakan tersebut secara berulang-ulang semampu yang Anda bisa.

 

jurnal7.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *