oleh

BANDUNG TANGINAS UPAYA CEGAH STUNTING

Jurnal7.com

 

Ketua TP PKK Kota Bandung, Siti Muntamah Oded pada acara peresmian Bandung Stanting di Kecamatan Mandalajati, Kamis 5 November 2020, melontarkan pantun, “Beli anting di toko mas, cegah stunting dengan Bandung Tanginas”

“Bandung Tanginas merupakan bagian dari kegiatan rempug stunting kota Bandung yang diselenggarakan dan diinisiasi oleh TP PKK kota Bandung,” tuturnya.

“Ini gerakan memberikan pengetahuan mengenai pangan aman dan sehat kepada keluarga yang terindikasi stunting. Ada 4 jenis yakni ibu hamil, ibu menyusui, anak di bawah 2 tahun dan balita,” imbuh Siti.

Menurutnya, kegiatan yang diinisiasi oleh TP PKK Kota Bandung ini akan terlaksana selama satu tahun.

“Bandung Tanginas ini kita selenggarakan satu tahun. September tahun ini, sampai September tahun depan,” katanya.

Untuk anggaran, ia mengaku banyak dukungan berbagai pihak, seperti BUMD, Baznas, tokoh masyarakat dan swadaya masyarakat.

“Anggarannya Alhamdulillah perlu disyukuri, kami didukung pihak ke 3, seperti Baznas, BUMD perorangan, tokoh masyarakat dan swadaya masyarakat. Kolaborasi sekaligus elaborasi terkait kebutuhan anggaran,” kata Umi sapaan Akrabnya.

Pada Tanginas ini, intervensi gizi dilakukan satu minggu dua kali.

Ia mengungkapkan, jada sebanyak 8.121 anak stunting. Dari jumlah itu, ada 2.700 anak di bawah dua tahun, 5.800 ibu hamil, dan 2.700 ibu menyusui sampai 2 tahun.

“Itu terindikasi stunting kekurangan gizi dan tersebar 15 kelurahan 11 kecamatan,” jelasnya.

 

jurnal7.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *