oleh

Bank bjb Komitmen Meningkatkan Perekonomian Dorong Pemberdayaan UMKM

Jurnal7.com|BANDUNG –Peran penting bank bjb salah satunya adalah mewujudkan inklusivitas keuangan melalui program Desa Digital. Program pemberdayaan desa melalui produk dan layanan digitalisasi perbankan ini berhasil membawa akses keuangan ke lapisan masyarakat yang sebelumnya sulit dijangkau oleh lembaga keuangan formal.

bank bjb melalui berbagai transformasi berupaya sehingga menjadi bank yang lebih inklusif dan berfokus pada pembangunan ekonomi daerah dan nasional. Transformasi ini terlihat dari berbagai inovasi dan program yang diterapkan oleh bank bjb sejak beberapa tahun terakhir.

Bank bjb telah melakukan piloting Desa Digital ke 38 desa di Jawa Barat dan Banten. Seluruh desa tersebut telah mengimplementasikan produk dan layanan bank bjb, di antaranya Internet Banking Corporate (IBC) yang terintegrasi dengan Sistem Keuangan Desa (Siskeudes), penyaluran kredit, layanan Agen Laku Pandai bjb BiSA, serta layanan perbankan lainnya.

Bank bjb juga memberikan perhatian khusus pada pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di daerah. Sejumlah program pembiayaan dan pelatihan, seperti kredit usaha rakyat (KUR), kredit usaha kecil menengah (KUKM), bjb Mesra, dan bjb PESAT, telah membantu UMKM untuk berkembang dan berandil dalam menumbuhkan perekonomian lokal.

Dalam setiap kegiatan UMKM, bank bjb selalu menggunakan pendekatan digital, terutama pada aspek transaksi, agar pelaku usaha semakin melek terhadap teknologi keuangan. Dukungan ini tidak hanya berdampak positif bagi para pelaku UMKM, tetapi juga berkontribusi pada peningkatan lapangan kerja dan pendapatan masyarakat.

“Bank bjb berkomitmen untuk meningkatkan perekonomian dengan mendorong pemberdayaan UMKM, mendukung digitalisasi, kepedulian terhadap lingkungan, juga penerapan tata kelola yang baik,” kata Direktur Utama bank bjb Yuddy Renaldi.

Sebagai wujud perhatian terhadap UMKM, bank bjb tahun ini mengalokasikan pinjaman KUR sebesar Rp3 triliun, atau naik 50% dari tahun lalu. Bank bjb juga melaporkan, sektor UMKM pada triwulan pertama 2023 tumbuh sebesar 10,3% menjadi Rp6,8 triliun.

Lebih jauh, bank bjb ikut berperan sebagai mitra strategis bagi pemerintah daerah dalam pembangunan infrastruktur dan proyek peningkatan lainnya. Dengan layanan bjb Pinjaman Daerah, bank yang didirikan pada 20 Juni 1961 ini ikut membantu pemerintah merealisasikan infrastruktur yang mendukung konektivitas dan pertumbuhan ekonomi di daerah-daerah.

Melalui program corporate social responsibility (CSR) yang telah berlangsung sejak 2008, bank bjb juga turut menyisihkan sebagian laba perusahaan untuk melaksanakan tanggung jawab sosial perusahaan. Aktivitas CSR bank bjb tertuang dalam berbagai bidang garapan, seperti pendidikan, kesehatan, lingkungan dan sosial kemasyarakatan, yang tersebar tidak hanya di wilayah Jawa Barat dan Banten namun juga meliputi wilayah operasional bank bjb di seluruh Indonesia.

“bank bjb berkomitmen untuk terus memberikan manfaat untuk Indonesia dalam era digitalisasi dan tantangan ekonomi di tahun ini,” ujar Yuddy.

Untuk memperkuat perannya sebagai agen pembangunan, bank bjb juga terus memperkuat kinerja dengan melakukan perluasan aliansi bisnis bersama sejumlah Bank Pembangunan Daerah (BPD) yang tergabung dalam kelompok usaha bank (KUB). Melalui KUB, bank bjb menjadi induk perusahaan sejumlah BPD di daerah agar bisa saling memberikan nilai tambah.

bank bjb merupakan BPD terbesar di Indonesia yang memiliki infrastruktur mumpuni, dari sisi permodalan, dukungan infrastruktur digital, dan sumber daya manusia, untuk dapat dimanfaatkan bersama dengan BPD lain. bank bjb sangat terbuka kepada BPD yang ingin berkolaborasi dan bersinergi melalui KUB.

Kontribusi bank bjb sebagai Intagible Value

Bank bjb memiliki reputasi unggul dalam memberikan pelayanan yang berkualitas. bank ini telah berhasil membangun kepercayaan masyarakat dengan menjalin hubungan emosional mendalam dengan nasabah.

Melalui berbagai program pembangunan dan pemberdayaan yang berafiliasi dengan pemerintah, bank bjb memberikan kontribusi nyata dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Dukungan demi dukungan yang diberikan ikut mendorong peningkatan produktivitas dan daya saing daerah, yang pada akhirnya membawa dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi nasional.

Keunggulan ini terus memperkuat citra bank bjb sebagai mitra keuangan terkemuka yang berorientasi pada kepuasan dan kepercayaan pelanggan. bank bjb diharapkan bisa terus menginspirasi lembaga keuangan lainnya untuk berperan aktif dalam pembangunan berkelanjutan di tanah air.

Kekuatan yang dimiliki bank bjb membuat kinerja keuangan perusahaan sampai triwulan 1 2023 secara konsolidasi dengan anak perusahaan, tumbuh sebesar 10,8% menjadi Rp116,45 triliun year on year. Pertumbuhan terjadi di seluruh segmen kredit baik dari konsumer maupun bisnis.

Pada sisi shareholder atau pemegang saham, bank bjb juga senantiasa berkomitmen untuk memberikan yang terbaik. Hal ini dibuktikan dengan kenaikan dividen setiap tahun dan juga selalu mendukung program pemerintah daerah.

Bank bjb membagi dividen untuk Tahun Buku 2022 sebesar Rp1,1 triliun. Angka tersebut setara dengan 49,47% dari laba bersih yang berhasil dibukukan oleh bank bjb di Tahun Buku 2022 sebesar Rp2,22 triliun. Tahun buku 2022 bank bjb berhasil mencatatkan pertumbuhan laba yang berkualitas, sehingga dividen per lembar saham pun meningkat dari Rp99,11 menjadi Rp104,55.

Yuddy menegaskan, manajemen bank bjb berkomitmen untuk terus meningkatkan kinerja, agar memberi manfaat bagi masyarakat luas, termasuk shareholder, antara lain dengan terus melakukan inovasi produk, menjaga Non Performing Loan (NPL), meningkatkan nilai aset, memperkuat penyaluran kredit dengan prinsip kebermanfaatan dan kehati-hatian, serta memperkuat infrastruktur teknologi.

“Semua itu dilakukan agar bank bjb terus menjadi Tandamata bagi Negeri,” ujar Yuddy.

Bank bjb Raih Predikat Top BUMD dan Best Bank 2023

Komitmen kuat bank bjb untuk mendukung pembangunan di tingkat daerah maupun nasional membuat bank ini diganjar predikat Top BUMD 2023 dan Golden Award, atas pencapaian 5 tahun berturut meraih penghargaan tersebut dari Majalah Infobank.

Yuddy mengatakan, predikat Top BUMD 2023 yang diraih bank bjb merupakan salah satu wujud konsistensi seluruh insan perusahaan dalam memberikan layanan terbaik untuk masyarakat.

bank bjb juga berhasil meraih predikat Best Bank 2023 versi Majalah Investor. bank bjb dinobatkan sebagai bank dengan performa terbaik dalam kategori KBMI 2, yakni bank dengan modal inti > Rp 6 triliun-Rp 14 triliun.

Penghargaan ini merupakan wujud apresiasi terhadap sejumlah strategi bisnis dan aksi korporasi yang dijalankan bank bjb sepanjang 2022 di antaranya adalah right issue dan menjadi pelopor penjajakan kelompok usaha bank dengan bersinergi sesama BPD untuk meningkatkan daya saing secara grup.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.