oleh

Disparbud Jabar targetkan Destinasi Wisata Berkelas Dunia

 

Jurnal7, Pariwisata

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat Ida Hernida, mengatakan Rapat Koordinasi Forum OPD (Organisasi Perangkat Daerah) merupakan kegiatan untuk menyerap aspirasi masyarakat, stakeholder kabupaten/kota dan penyamaan persepsi Bidang Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat

Kegitan tersebut berlangsung selama 2 hari, 23-24 Maret 2017, bertempat di Sari Ater Subang, untuk menghasilkan sinergitas, akselerasi pembangunan program kegiatan Bidang Pariwisata dan Kebudayaan di Jawa Barat.

Ida Hernida  berharap  kegiatan ini bisa menjadi media strategis bagi terwujudnya perencanaan terpadu, efektif dan berkelanjutan serta menjadi rencana kerja Bidang Pariwisata dan Kebudayaan tahun 2018.

Visi kepariwisataan dan kebudayaan  adalah mewujudkan Jawa Barat sebagai Pusat Budaya dan Destinasi Wisata Berkelas Dunia,

Untuk mewujudkannya perlu diawali dengan perencanaan yang komprehensif,  koordinatif   serta  sinergitas sektor kepariwisataan dan kebudayaan baik di tingkat kabupaten/kota maupun provinsi Jawa Barat, tandas Ida yang didampingi Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Agus Hanafiah.

Pelaksanaan pembangunan pariwisata saat ini, aksebilitas, amenitas dan atraksi di masing-masing daya tarik wisata masih belum optimal.

Oleh karenanya, diharapkan ketiga aspek itu harus menjadi prioritas utama dalam pembangunan pariwisata. Sementara seni budaya saat ini masih kurangnya ruang ekspresi dan lemahnya upaya pelestarian seni budaya.

Pembangunan pariwisata juga harus tetap berprinsip pada norma penyelenggaraan kepariwisataan., yaitu kepariwisataan berbasis budaya.

Dimana kegiatan kepariwisataan harus selalu berlandaskan pada nilai-nilai agama, budaya dan adat istiadat serta tradisi, serta kepariwisataan berbasis masyarakat.

Tujuannya, mampu mensejahterakan masyarakat setempat dengan memperdayakan, peran serta langsung serta kepemilikan secara proporsional untuk kemanfaatan sebesar-besarnya bagi masyarakat.

Kepariwisataan juga harus berbasis lingkungan, alam, dimana mempunyai kedudukan yang sama sebagai ciptaan Allah SWT sekaligus melestarikannya agar dapat dimanfaatkan generasi yang akan datang.

 

Peserta Forum OPD ini dihadiri 120 orang, yang merupakan perwakilan dari dinas yang membidangi pariwisata dan kebudayaan kab/kota se-Jawa Barat, mitra kerja OPD pemerintah provinsi Jawa Barat, Dewan Kebudayaan Jawa Barat, akademisi, assosiasi pariwisata dan komunitas seni budaya Jawa Barat serta pejabat structural esselon III dan IV di lingkungan Disparbud Jabar, pungkas Ida.

** Deetje

jurnal7.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *