oleh

Hadapi Masa Tua Lebih Baik Nikmati Kemerdekaan Finansial

Jurnal7.com|Dana pensiun berfungsi sebagai jaringan pengaman untuk tujuan kemerdekaan finansial setelah masa kerja aktif berakhir. Mempersiapkan dana pensiun sebaiknya dimulai sesegera mungkin untuk memastikan Anda bisa menikmati masa tua dengan nyaman.

bank bjb mempersembahkan bjb Siap, program dana pensiun lembaga keuangan (DPLK) untuk membantu karyawan maupun pekerja mandiri mempersiapkan jaminan di hari tua. bjb Siap memberikan program pensiun dengan iuran tetap, yang seluruh iuran serta hasil pengembangannya dibukukan pada rekening masing-masing peserta sebagai manfaat pensiun.

“Pengelolaan dana peserta dilakukan secara profesional dan pada instrumen investasi yang memberikan keuntungan optimal bagi peserta,” ujar Pemimpin Divisi Corporate Secretary bank bjb Widi Hartoto.
Jenis kepesertaan bjb Siap bisa dari perorangan yang iurannya berasal dari peserta sendiri dan disetorkan langsung secara mandiri. Ada pula kepesertaan dari karyawan yang diikutsertakan oleh pemberi kerja, yang seluruh atau sebagian iurannya ditanggung oleh pemberi kerja atas nama peserta.
Peserta juga bebas menentukan usia pensiun dengan minimal usia 55 tahun dan maksimal 65 tahun. Setiap peserta dapat memiliki lebih dari satu rekening kepesertaan bjb Siap.
Tak hanya bebas biaya pendaftaran, setoran awal bjb Siap sangat ringan, hanya Rp100.000 dengan iuran selanjutnya minimal Rp50.000 dalam sekali transaksi. Proses setoran iuran juga mudah dan cepat karena dapat dilakukan setiap saat dan dapat disetorkan melalui mobile banking, internet banking, dan SMS banking bank bjb, serta di teller seluruh jaringan kantor bank bjb.

bjb Siap turut mengedepankan transparansi mengingat seluruh saldo iuran dan hasil pengembangan bisa dipantau langsung oleh peserta yang telah memiliki layanan e-channel bank bjb. Peserta juga bisa melakukan pengecekan dana ke Customer Service bank bjb untuk print buku tabungan bjb Siap.
Keuntungan program ini tak hanya terletak pada kemudahan dalam melakukan investasi dan perencanaan keuangan di masa depan, tetapi juga bebas pajak penghasilan atas hasil investasi sampai manfaat dibayarkan.

“DPLK terpisah dari kekayaan perusahaan penyelenggara dan bisa dicairkan sesuai dengan ketentuan yang berlaku bagi mereka yang memenuhi kriteria,” jelas Widi.
Bagi pemberi kerja/perusahaan, bjb Siap membantu memenuhi kewajiban imbalan pascakerja yang tercantum dalam UU Cipta Kerja serta dapat mengurangi pajak penghasilan badan (PPH 25). Perusahaan juga bisa terhindar dari masalah cash flow.
Peserta dapat memilih sendiri paket investasi untuk pengembangan dana pensiun. Paket A untuk alokasi penempatan investasi 100% di pasar uang, Paket B untuk alokasi penempatan investasi minimal 20% di pasar deposito berjangka dan maksimal 80% di reksadana, atau Paket C untuk alokasi penempatan investasi minimal 20% di pasar uang dan 80% di Instrumen Pendapatan Tetap.
“Perubahan paket investasi dapat dilakukan maksimal dua kali selama masa kepesertaan dengan biaya perubahan investasi sebesar minimal Rp10.000 dan maksimal 1% dari nilai perubahan investasi,” kata Widi.
Manfaat pensiun peserta bjb Siap dapat dibayarkan secara sekaligus atau berkala (anuitas) untuk nominal di bawah Rp500 juta. Sementara untuk nominal di atas Rp500 juta, pengambilan manfaat pensiun hanya wajib dilakukan secara berkala.

Manfaat pensiun bjb Siap terdiri dari Pensiun Normal, Pensiun Dipercepat, Pensiun Ditunda, Pensiun Meninggal Dunia, Pensiun Disabilitas.
bjb Siap terbuka bagi umum dari semua kalangan profesi dengan persyaratan dan ketentuan yang mudah. Syarat utamanya, calon peserta harus berusia minimal 18 tahun atau sudah menikah.

Saat mendaftar, lampirkan dokumen pribadi seperti fotokopi KTP, NPWP, surat nikah, dan formulir pendaftaran bjb Siap yang sudah diisi. Setelah itu, peserta bisa melakukan penyetoran awal sebesar Rp100.000.
Pendaftaran kepesertaan bjb Siap bisa dilakukan melalui situs resmi bjb siap atau Kantor Cabang bank bjb Terdekat. Pastikan Anda melakukan pendaftaran user untuk bisa menikmati lebih banyak fitur di situs bjb Siap setelah memiliki nomor kepesertaan bjb Siap.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.