oleh

Kepala Polrestabes Bandung Bakal Meningkatkan Patroli Bersama TNI dan Pemkot

Bandung, Jurnal7.com – Kepala Polrestabes Bandung, Kombes Pol Ulung Sampurna Jaya yang juga Wakil Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Bandung menegaskan akan terus meningkatkan patroli bersama TNI dan Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung.
Selain untuk mengimbau warga tentang physical distancing, patroli juga untuk mengantisipasi terjadinya tindak kejahatan akibat situasi Kota Bandung yang sepi.
“Kita melaksanakan kegiatan ini (patroli) rutin tiap akhir pekan. Kita sosialisasikan physical distancing terhadap masyarakat yang nongkrong di luar jam yang tidak sewajarnya seperti di atas pukul 9 malam. Jika tidak berkepentingan maka kami imbau pulang ke rumah,” tegas Ulung di sela-sela patroli gabungan, Sabtu (11/4/2020).
Ulung mengungkapkan, di sebagian titik di Kota Bandung memang sudah mentaati imbauan pemerintah. Hal itu terbukti pergerakan warga sudah cukup minim. Di sejumlah sudut kota pun telah sepi. Namun di sisi lain, hal tersebut dapat berpeluang menimbulkan tindak kejahatan.
“Patroli ini juga mengantisipasi kriminalitas yang ada di kota Bandung. Jangan sampai ada kriminalitas dan kekerasan di situasi seperti ini,” tuturnya.
Pada patroli tersebut, Pemkot Bandung melibatkan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Dinas Perhubungan. Patroli diawali dengan apel gabungan di kawasan Taman Dikapayang Dago, Jalan Ir H. Djuanda.
Kali ini, petugas gabungan menyusuri sejumlah jalan protokol di Kota Bandung. Di beberapa titik, petugas meminta warga untuk segera kembali ke rumahnya masing-masing.
Sementara itu, Kepala Bidang Ketentraman dan Ketertiban Umum Satpol PP Kota Bandung, Taspen Effendi menyampaikan, Pemkot Bandung terus berkolaborasi dan berkordinasi memberikan dengan TNI/Polri untuk terus mengimbau masyarakat mengenai penanganan pencegahan virus corona.
“Dengan kepolisian, TNI memberikan imbauan di ruang publik, jalan-jalan protokol dan pasar. Seperti halnya di pasar tradisional, kita berikan imbauan mengenai pencegahan penyebaran virus corona dengan menyampaikan surat edaran wali kota melalui pengeras suara,” ujarnya.
Menurutnya, saat ini kesadaran warga terhadap wabah Covid-19 sudah mulai meningkat. Waega mulai mematuhi imbauan pemerintah. Hal itu terbukti dengan semakin sedikitnya warga yang beraktivitas di luar ruangan.
“Sekarang sudah bagus. Contohnya jalan-jalan sudah lengang. Ini bukti masyarakat memahami apa yang kita imbau. Semua demi kebaikan bersama,” katanya.
Oleh karenanya, Taspen mengapresiasi kepada masyarakat yang telah melaksanakan imbauan-imbauan pemerintah. Mulai dari melakukan Pola Hidup Bersih dan Sehat hingga memilih untuk tetap berada di rumah.
red/rls
jurnal7.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *