oleh

Kesadaran Masyarakat Faktor Utama Tekan Covid-19

BANDUNG – Sempat berstatus Zona Merah, Kecamatan Kiaracondong, Kota Bandung menjadi salah satu wilayah yang berhasil menekan angka penularan Covid-19. Namun kini wilayah ini menjadi salah satu kawasan pecontohan bagi wilayah lainnya.

Menurut Sekretaris Kecamatan Kiaracondong, Amin Zarkasih, di Kecamatan Kiaracondong terdapat 49 kasus positif Covid-19. Namun berkat kolaborasi dan sinegisitas warga, angka penularan bisa ditekan.

Seluruh elemen Forkopimcap, Forkom Potmas (Forum Komunikasi Potensi Masyarakat) dan masyarakat lainnya bersama-sama menyosialisasikan protokol kesehatan.

“Edukasi, kewaspadaan serta kesadaran warga masyarakat menjadi faktor utama menekan angka Covid-19,” kata Amin saat program bandung Menjawab di Balai Kota Bandung, Kamis (19/11/2020).

“Setiap hari terus sosialisasi untuk terus menerapkan protokol kesehatan. karena di Kiaracondong memiliki titik kumpul cukup banyak. Pasar pun ada 4,” imbuh Amin.

Sementara itu, Kapolsek Kiaracondong, Kompol Asep Saepudin mengungkapkan, anggotanya selalu meminta warga untuk lebih taat dalam menegakan protokol kesehatan.

Di setiap kesempatan, anggotanya selalu meminta warga untuk taat 3M 1T (menjaga jarak, mengenakan masker, dan mencuci tangan dengan air bersih, dan senantiasa tidak berkerumun).

Tak hanya itu, pihaknya juga tak segan-segan menindak pelanggar protokol kesehatan.

“Tercatat dalam 3 bulan terakhir telah memberikan teguran lisan sebanyak sebanyak 8.500 kali. Setiap kami razia, 50-60 anggota di sebar ke seluruh wilayah Kiaracondong,” paparnya.

Selain teguran lisan, pihaknya juga mengeluarkan penindakan dengan memberikan catatan tertulis bagi setiap pelanggar. Jumlahnya mencapai 1.350 kasus pelanggaran.

“Kami tidak pandang bulu. Setiap masyarakat yang telah 3 kali masuk ke dalam daftar catatan tertulis akan mempengaruhi proses pembuatan SKCK dan SIM di kemudian hari” tegas Asep.(dee)

jurnal7.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *