oleh

Masker Covid-19 dan UMKM

BANDUNG – Pemerintah Kota Bandung menerima sebanyak 200.000 masker kain senilai Rp956 juta dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Masker tersebut merupakan produksi para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) binaan Pemprov Jabar.

Atas nama pemerintah kota Bandung, Yana Mulyana mengucapkan terima kasih dengan adanya bantuan masker hasil karya pengusaha UMKM yang ada di Jawa Barat. Ia pun menyatakan akan secepatnya mendistribusikan masker gratis kepada masyarakat guna mencegah penularan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Menurut penjelasan Yana, pendistribusian masker kain produk UMKM tersebut akan mengedepankan prinsip keadilan dan kebermanfaatan.

“Kami sangat berterima kasih kepada Pemprov Jabar atas bantuan masker kain ini. Semoga masker ini dapat membantu Pemkot Bandung menangani pandemi Covid-19,” imbuh Yana pada acara serah terima masker kain di Balai Kota Bandung, Senin, (23/11/2020).

Dipaparkan Yana, bagi siapapun yang membutukan masker, dipersilakan untuk mengajukan surat permohonan. “Bagi komunitas, para pelaku UMKM, dan masyarakat yang membutuhkan masker dapat mengajukan permohonan permintaan kepada Gugus Tugas Covid 19 Kota Bandung” imbuh Yana.

Sementara itu Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Jabar, Kusmana Hartadji pemanfaatan masker hasil produksi UMKM sebagai upaya pencegahan penularan Covid-19 yang hingga kini belum berakhir.

Setidaknya, dikatakan Kusmana, hingga kini pihak Diskop Jawa Barat, sudah dapat menyerap sekitar 625 UMKM. Mereka telah diberikan fasilitas untuk membuat masker. “Ke depan, sekitar 300 UMKM lagi akan kita serap dalam pembuatan masker ini. Kita lakukan sebanyak 3 tahap,” jelas Kusmana.

Menurut Kusmana, bantuan masker kepada Pemkot Bandung sebagai upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya protokol kesehatan melalui 3M. Yakni menjaga jarak, mencuci tangan dan menggunakan masker.(dee)

jurnal7.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *