oleh

Pemkab Garut Kerahkan Semua Nakes Kejar Target 70 Persen

Jurnal7.com| Garut – Vaksinasi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kabupaten Garut, Jawa Barat saat ini, secara keseluruhan dosis 1 sudah hampir 60 persen sehingga akhir tahun bisa tercapai 70 persen dari total sasaran vaksin 1,9 juta jiwa, ungkap Ketua Harian Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Garut yang juga Sekretaris Daerah Pemkab Garut Nurdin Yana , saat dikonfirmasi Rabu (1/12/2021).

Ia menyampaikan Pemkab Garut menargetkan sebelum akhir tahun 2021 capaian vaksinasi sudah 70 persen untuk dosis satu sehingga bisa terwujud kekebalan kelompok.

Semua tenaga-kesehatan (Nakes) dikerahkan, termasuk tiga dokter internship di puskesmas, mereka diminta untuk membantu kegiatan vaksinasi,” ujar Nurdin.

Percepatan target dilakukan dengan sederhanakan tim vaksinator untuk bisa jangkau daerah pelosok agar akhir 2021 bisa tercapai 70 persen warga sudah divaksinasi Covid-19 dosis pertama.

“Sekarang kami sederhanakan, yang biasanya satu tim enam orang, disederhanakan tiga saja, itu sudah berjalan”, jelasnya.

Menurut Ketua Harian Satgas Covid ini, tiga orang dalam satu tim vaksinator di Garut dinilai cukup dengan tugasnya yakni sebagai pemeriksa kesehatan warga sebelum divaksin, petugas yang menyuntikkan vaksin dan pencatat orang yang divaksin.

Upaya menyederhanakan petugas vaksinator itu, kata dia, karena Kabupaten Garut kekurangan tenaga kesehatan, khususnya untuk wilayah pelosok Garut, berikut kondisi daerahnya yang sulit dijangkau.

“Jadi dengan dibagi tim vaksinator ini bisa lebih cepat melaksanakan vaksinasi di daerah-daerah”.

Ia mengungkapkan upaya lain percepatan vaksinasi yaitu melibatkan bidan desa untuk membantu vaksinator ketika turun ke lapangan mencari warga yang belum divaksin Covid-19.

Selain itu, melibatkan tiga dokter yang sedang melaksanakan tugas praktik lapangan di puskesmas untuk membantu tim vaksinator di pelosok daerah.

Pemkab Garut all out dalam upaya Vaksinasi , pungkas Nurdin.(Deetje)

 

jurnal7.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *